Rabu, 28 November 2012

SPR


"Strategi Perencanaan redaksional"

Memilih strategi untuk konten: 4 Ws dan H
Untuk isi ini saya memilih untuk menulis teks yang disertai dengan beberapa gambar dan video, diterbitkan di blog pada saat tertentu, untuk tujuan menghemat waktu dan mendapatkan umpan balik.

Sesuatu yang menarik terjadi pada jurnalisme ketika pindah dari cetak dan disiarkan ke web. Aspek-aspek dari proses yang kami, hampir tidak memikirkan mulai dipertanyakan: cerita itu sendiri tampak kurang dari mendasar. Keputusan yang anda tidak perlu membuat sebagai wartawan - seperti apa yang anda akan gunakan - yang menjadi bagian dari pekerjaan.
Bahkan, seluruh keputusan sekarang perlu untuk dibuat
Mereka meluncurkan proyek jurnalisme online baru, pertanyaan-pertanyaan ini yang sekarang semakin ditangani dengan strategi konten, frase dan pendekatan yang, menurut saya, mulai di luar industri Berita (mana strategi konten telah diselesaikan pada begitu lama lalu bahwa menjadi sebagian besar implisit) dan terus ditemukan oleh wartawan dan penerbit.
Web pertama misalnya, adalah strategi konten Seattle Times keputusan untuk fokus pada penciptaan, pengacara dan komunitas strategi konten. Reed bisnis informasi pembentukan struktur editorial ini, sebagian, strategi konten.
  
Mengapa seorang wartawan perlu sebuah strategi konten?
Saya tulis sebelumnya tentang gaya tantangan yang dihadapi wartawan di sebuah lingkungan multi platform: di mana sebelum seorang wartawan memiliki sedikit keputusan untuk membuat tentang bagaimana memperlakukan cerita ( media diberikan, format yang terbatas, cerita tertinggi ), hal ini bisa menjadi mudah untuk membiarkan kebiasaan lama membatasi kekuasaan, kualitas dan dampak dari melaporkan. Di bawah, saya pernah mencoba menggodok keputusan baru ini turun menjadi empat jenis yang berbeda dan satu faktor menyeluruh mempengaruhi mereka semua. Ini adalah keputusan yang kerap harus dibuat dengan cepat dalam menghadapi perubahan keadaan saya harap fleshing mereka keluar dengan cara ini akan membantu membuat keputusan yang lebih cepat dan lebih efektif.

1. Format (“Bagaimana?”)
Kami akrab dengan format: berita di singkat; wawancara; Profil; fitur yang mendalam; dan sebagainya. Mereka memiliki Konvensi mereka dan bahan-bahan. Jika Anda menulis laporan Anda tahu bahwa Anda akan memerlukan sebuah kutipan reaksi, beberapa konteks, dan sesuatu untuk membungkus itu (kutipan; apa yang terjadi selanjutnya; dll.). Jika Anda melakukan wawancara anda perlu mengumpulkan beberapa warna tentang mana itu terjadi, dan bagaimana orang yang diwawancara bereaksi pada berbagai titik.
Format yang sering dan paling kuat ketika mereka ditumbangkan: seorang wartawan yang tahu format dalam ke luar bisa bermain dengan itu, menjengkelkan pembaca, harapan untuk yang paling bertubrukan. Ini adalah ketegangan antara pengulangan dan kontras yang mendasari tidak hanya jurnalisme tapi rancangan yang baik, dan bahkan musik. Sebagai jurnalisme online berkembang puluhan format baru telah menjadi tersedia. Di sini adalah hanya beberapa:
  • ·         Live Blog
  • ·         Mempertunjukan Audio
  • ·         Peta interaktif
  • ·         Aplikasi
  • ·         Podcast
  • ·         Pemberi Keterangan
  • ·         Portal
  • ·         Aggregator
  • ·         Galeri
  
Format ini dipilih karena mereka sesuai dengan hal yang sedang dibahas, posisinya di lingkungan berita penerbit, dan sumber daya dari penerbit. Secara historis, misalnya, ketika sebuah cerita pertama pecah bagi sebagian besar penayang laporan sederhana adalah satu-satunya pilihan yang realistis. Tapi setelah itu, mereka mungkin komisi fitur profil, wawancara, atau lebih atau paket - jika kepentingan dan sumber daya yang diperlukan.
Subjek juga akan faktor. Penyiar mungkin lebih cenderung untuk komisi paket pada cerita jika berwarna-warni karakter atau lokasi terlibat dan dapat diakses. Mereka juga bisa mengirim presenter untuk dua arah. Faktor-faktor ini masih datang ke dalam bermain sekarang kami memiliki akses ke lebih banyak luas penyelamat format tapi pemahaman yang lebih luas dari format-format yang juga diperlukan.
·         Apakah acara berlangsung di wilayah geografis, dan para pemirsa akan ingin melihat gerakan atau fokus pada lokasi tertentu? Kemudian peta mungkin paling tepat.
·         Hal berubah begitu cepat bahwa tradisional format akan menjadi tidak memadai? Kemudian liveblog dapat bekerja lebih baik.
·         Ada kekayaan materi di luar sana yang diproduksi oleh saksi-saksi? Galeri, portal atau agregator mungkin menjadi pilihan yang baik.Ada kekayaan materi di luar sana yang diproduksi oleh saksi-saksi? Galeri, portal atau agregator mungkin menjadi pilihan yang baik.
·         Anda mengamankan sebuah wawancara dengan tokoh kunci, dan sejumlah lokasi atau item yang menceritakan kisah mereka sendiri? Ini cerita yang sedang berlangsung atau berulang? Sebuah audio Tampilan slide atau wawancara video mungkin merupakan pilihan yang paling kuat dari format.
·         Apakah anda di tempat kejadian dan video mentah kegiatan ini akan memiliki dampak paling? Ambil telepon anda dan film atau aliran.

2. Medium (“Apa?”)

Tergantung pada apa yang telah dipilih, format media dapat dipilih untuk anda juga. Tetapi sebuah podcast dapat mempunyai format audio atau video, liveblog dapat melibatkan teks dan multimedia, aplikasi dapat diakses pada telepon, webpage, widget desktop, atau facebook. Ini tidak hanya tentang bagaimana anda menyampaikan informasi tentang apa yang terjadi anda akan melihat cara menghindari penggunaan cerita , cara seperti ini mungkin hanya satu pilihan format  tapi bagaimana pengguna mengakses itu dan menggunakannya.

Sebuah podcast dapat diakses dan di pindahkan, sebuah aplikasi facebook pada mobile, dalam konteks sosial dan seterusnya. Ini adalah faktor untuk mempertimbangkan seperti anda memproduksi konten anda.

 

 

 

3. Mimbar (“Dimana?”)

            Demikian juga, mimbar di mana konten itu adalah untuk didistribusikan, sehingga butuh pertimbangan cermat.

Sebuah liveblog mungkin dilakukan melalui twitter dan dikumpulkan di website anda sendiri. Peta dapat disusun dalam spreadsheet google tetapi diterbitkan melalui google maps dan tertanam di atas blog. Sebuah audioboo mungkin memiliki pelanggan di itunes atau di audioboo app itu sendiri, dan fitur autoposting yang mungkin menarik jumlah besar dari pendengar melalui twitter.

Beberapa panggilan pilihan platform dari saluran,  tetapi yang tidak memberi keadilan kepada anak yang interaktif dan sosial sifat banyak dari platform. ini Facebook atau twitter tidak hanya saluran-saluran untuk penerbitan update dari sebuah blog, tapi sebuah tempat di mana orang terlibat dengan anda dan dengan satu sama lain, bertukar informasi yang anda dapat menjadi bagian dari melaporkan ( apakah anda menginginkannya atau tidak ). Strategi konten anda akan perlu untuk mempertimbangkan apa yang terjadi pada semua platform yang menggunakan twitter yang paling retweeted atau berdebat dengan bereaksi terhadap informasi yang bertugas di blog anda atau liveblog komentar dan seterusnya.

 

 

4. Scheduling (“Kapan?”)

            Pilihan sistem operasi juga akan mempengaruhi pilihan Anda dari waktu. Akan ada waktu optimal yang berbeda untuk penerbitan ke Facebook, berkicau, email mailing list, blog, dan situs. Juga akan ada waktu yang optimal untuk format yang berbeda (sebagai Washington Post ditemukan). Sebuah laporan berita singkat mungkin sesuai komuter pagi; audio slideshow atau video mungkin terbaik dijadwalkan untuk malam. Sesuatu yang lucu mungkin memainkan terbaik pada hari Jumat sore; sesuatu yang praktis pada Rabu sore sekali pengguna telah pindah melewati bekerja keras awal minggu.

 

 

Webcast ini strategi konten memberikan tertentu wawasan tentang bagaimana mereka memperlakukan penjadwalan, penyelamat bukan hanya di seluruh hari, tetapi di seluruh minggu.

 


 5. “kenapa?”

Cetak dan siaran beristirahat pada tujuan jadi implisit bahwa kita nyaris tidak berpikir tentang mereka. Web, namun, mungkin memiliki tujuan yang berbeda. Bukan menarik jumlah pembaca terluas, misalnya, kita mungkin ingin untuk melibatkan pengguna sebanyak mungkin.

Yang membuat perbedaan besar di setiap strategi konten:

·         Munculnya cepat liveblogs dan explainers sebagai format sebagian dapat dijelaskan oleh mereka lengket bila dibandingkan dengan berita tradisional.

·         Permintaan untuk konten video telah melampaui pasokan untuk beberapa penerbit karena mungkin untuk menanamkan iklan dengan konten dalam cara mungkin dengan teks.

·         Infografis telah meledak sebagai mereka meminjamkan diri mereka dengan baik untuk distribusi virus.

Distribusi sering satu jawaban untuk mengapa?, dan memperkenalkan dua elemen saya belum tidak disebutkan sejauh ini: mesin pencari optimisation dan media sosial optimisation. Blog sebagai platform dan teks sebagai media yang umumnya lebih baik untuk pencarian mesin, optimised misalnya. Tapi video dan gambar yang lebih baik untuk platform optimised jejaring sosial seperti facebook dan twitter.

Dan waktu penerbitan mungkin diberitahu oleh analisis dari apa yang orang-orang mencari, memperbarui facebook tentang, atau menulis twitter tentang sekarang. Tujuan , tentu saja, harus terjadi sebagai pertimbangan di seluruh tahapan di atas. Dan beberapa tahap perkem-bangan akan memiliki tujuan berbeda: untuk distribusi, untuk kualitas, editorial dan untuk keterlibatan.

Hanya untuk membingungkan hal-hal lebih lanjut, tujuan mereka tidak mungkin untuk mengubah sebagai model bisnis online dan penerbitan di sekitar multiplatform berevolusi. Jika aku akan merangkum seluruh di atas dalam satu baris, kemudian itu mengambil apa-apa untuk diberikan.

 

 

 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar